Thursday, August 4, 2011

Manfaat Berpuasa

Assalammualaikum Wr. Wb...


Berpuasa selain menahan lapar, haus dan emosi-puasa juga sangat membantu meningkatkan kesehatan tubuh. Dalam ilmu kedokteran, puasa dapat mengurangi kalori dalam tubuh (Dr. Siti Setiati S.pPD, Spesialis penyakit dalam dari Devisi Geriatri Departemen Ilmu Penyakit Dalam, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI)). menurut Dr. Siti Setiati S.pPD, pembatasan jumlah kalori makanan adalah salah satu cara yang telah terbukti dapat memperlambat penuaan serta mencegah penyakit yang sering timbul pada usia lanjut dan penyakit kanker.

Saat berpuasa, umumnya akan terjadi pengurangan jumlah kaori yang diasup hingga 10-40 % dari kebutuhan sehari-hari. hasil penelitian pada binatang menunjukkan dengan mengurangi jumlah kalori ternyata dapat memperpanjang usia harapan hidup, menurunkan resiko kanker, mencegah berkembangnya penyakit seperti diabetes dan ginjal. Dr. Siti Setiati S.pPD juga mengungkapkan pada penelitian terhadap manusia menyatakan komposisi lemak tubuh berkurang, tekanan darah membaik, kolesterol turun, resiko diabetes berkurang dan dapat memperlambat proses penuaan.

Berbagai penelitian dan literatur memang telah membuktikan manfaat puasa bagi kesehatan. namun seseorang tetu tidak akan langsung merasakan khasiatnya jika  hanya berpuasa sebulan saja. melainkan harus terus menerus dilakukan dalam bulan-bulan selanjutnya. manfaat restriksi (pembatasan) kalori, juga berpengaruh pada kesehatan jantung. pembatasa kalori dipercaya dapat memompa jantung menjadi lebih kuat dan membuat seseorang tidak mudah lelah setelah melakukan aktivitas.

Semoga Bermanfaat !!!
Sumber : YahooNews
Wassalammualaikum Wr. Wb...

No comments:

Post a Comment

Nama # Link # Comment

Google Website Translator Gadget

Go Green

Search Engine