Thursday, October 14, 2010

Bongkahan Es di Planet Mars

Assalamualaikum Wr. Wb...

Bukti yang ditemukan bahwa di masa lalu terdapat samudera yang dingin di planet mars. sebelumnya, ada 2 kemungkinan bagaimana kondisi di planet tersebut :
1. Permukaan disana dingin dan kering
2. Planet tersebut sempat memiliki kondisi hangat dan basah yang memungkinkan terdapatnya danau-danau, laut dan curah hujan dalam periode waktu yang panjang
3. Dikutip dari Livescience pada tanggal 04 Oktober 2010, peneliti menemukan bekas-bekas bongkahan es di planet tersebut. itu artinya, seputar kondisi permukaan planet tersebut di masa lalu, yakni dingin dan basah. Kondisi tersebut memungkinkan planet tersebut mempunyai samudera dan lautan yang sebagiannya diselimuti es dan gletser.

Berdasarkan pernyataan Alberto Fairen, peneliti dari SETI Institute and NASA Ames Research Center bahwa jika terdapat bongkahan es, kemungkinan besar di permukaan planet tersebut pernah terdapat perairan dalam ukuran besar.

Alberto Fairen juga mengatakan bahwa perairan tersebut bisa berukuran beberapa lautan lokal hingga samudera tunggal yang meliputi seluruh permukaan dan perairan itu hadir secara terus menerus atau terbagi dalam beberapa periode. tanda gerusan sepanjang 1 sampai 5 kilometer yang ditemukan di dataran utara dan cekungan Hellas juga bisa menjadi bukti akan adanya bongkahan es di masa lalu. gerusan ini bisa diakibatkan oleh bagian dasar bongkahan es yang mengikis dasar samudera. Ini merupakan bukti paling nyata tentang adanya bongkahan es tersebut.

Semoga Bermanfaat !!!

Sumber : Yahoo OMG

Wassalamualaikum Wr. Wb...

Kembali ke menu

No comments:

Post a Comment

Nama # Link # Comment

Google Website Translator Gadget

Go Green

Search Engine