Saturday, April 23, 2011

Tari Saman Warisa Budaya Dunia

Assalammualaikum Wr. Wb...

Tarian asal Nangroe Ach Darussalam akan diakui dan diresmikan oleh Badan PBB dan UNESCO sebagai warisan budaya dunia pada tanggal 19 November 2011. Selain tarian saman, benda-benda asli Indonesia juga di resmikan sebagai warisan dunia, antara lain wayang, keris, batik dan angklung. Badan PBB dan UNESCO akan mengumumkan pengakuan terhadap tari saman sebagai “Intangible Heritage” di Pulau Dewata, Bali.

Sampai saat ini telah tercatat 890 situs dengan 689 berupa warisan budaya, 176 warisan alam dan 25 diantara campuran antara warisan budaya dan warisan alam. Warisan Indonesia yang berhasil di catat sebagai warisan dunia sebanyak 11 warisan dimana 4 diantaranya berupa warisan alam, 3 cagar budaya dan 4 karya budaya tak benda.

Warisan dunia berupa alam terdiri dari Taman Nasinoal Ujung Kulon, Banten, Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur, Taman Nasional Lorentz, Papua dan Hutan Tropis Sumatera (Taman Nasional Gunung Lueser, Kerinci Seblat dan Bukit Barisan) serta Kompleks Candi Borobudur (sejak tahun1991), kompleks Candi Prambanan (sejak tahun 1991) dan situs prasejarah Sangiran.

Sumber : Media Kalimantan edisi selasa, 19 April 2011.

Semoga Bermanfaat !!!

Wassalammualaikum Wr. Wb...

Kembali ke menu

No comments:

Post a Comment

Nama # Link # Comment

Google Website Translator Gadget

Go Green

Search Engine