Friday, March 9, 2012

Cantik, Tapi Membahayakan

Assalammualaikum Wr. Wb...

Selalu ingin tampil cantik banyak caranya, salah satunya adalah dengan menggunakan kosmetik. Dari alas bedak, bedak, lipstik, lipgloss, eye shadaw, blouse on dan lainnya. Namun tahukah teman bahwa kosmetik tidak akan selalu aman. Mencari kosmetik dengan kandungan yang aman sangat sulit didapat. Kebanyakan para produsen tidak mencantumkan bahan kandungan kosmetik dengan detail, sehingga para konsumen tidak tahu dengan jelas kandungan pasti kosmetik tersebut.

Berdasarkan penelitian BPOM di Amerika Serikat, ada 96 merk kosmetik yang mengandung logam berat yang berbahaya seperti timah, arsenik, kadmium, nikel, berilium dan selenium. Menurut penelitian BPOM, dari 49 merk kosmetik terkenal, berikut adalah kandungan logam berat yang paling tinggi :
  1. Clinique Stay True Makeup foundation (Stay Ivory
  2. Sephora Sculpting Powder Trio eye shadow
  3. MAC Sheerton Shimmer Blush (Springsheen)
  4. L'Oreal Bare Naturale maskara(Black/Brown)
  5. Cover Girl Perfect Point Plus eyeliner (Black Onyx)
  6. Almay Intense i-color Trio eye color (Trio for Blues, Brown and Dark Grey)
  7. Benefit Benetint Pocket Pal (Red Tint and Clear Gloss) 
Harga tidak menjadi patokan apakah barang tersebut berkualitas atau tidak. Untuk itu, jadilah konsumen yang cerdas dalam arti kata pertimbangkan sebelum membeli sesuatu. Apakah barang tersebut adalah barang yang sangat dibutuhkan atau tidak. Jika dirasa penggunaannya tidak terlalu sering, maka jangan membelinya. Sebelum membeli, perhatikan label produksinya. Jika label produksi menunjukkan buatan dalam negeri, maka dipastikan aman. Namun jika tidak, hindarilah. Perhatikan juga tanggal produksi. Jika kosmetik (dalam kasus ini) yang akan dibeli lewat dari 1 tahun dari tanggal produksi, maka carilah kosmetik yang masih dalam 1 tahun produksi bahkan kurang dari 1 tahun produksi karena kosmetik hanya akan bertahan + 1 tahun saja.

Semoga Bermanfaat !!!
Wassalammualaikum Wr. Wb...
Sumber : Yahoo!SHE

No comments:

Post a Comment

Nama # Link # Comment

Google Website Translator Gadget

Go Green

Search Engine